Perjalanan ke Tanah Haram (1)

Sungguh ya kalo emang sudah kehendak yang diatas, apapun bisa terjadi. Tadinya aku ga pernah terpikir akan berangkat ke tanah haram ini saat-saat sekarang, karena aku ga punya simpanan dana untuk kesana. Ternyata dalam waktu 1 bulan aku bisa kesana dengan biaya dari orang tua yang alhamdulillah yah-syahrini mode on- dapat rejeki yang lebih untuk bisa membiayai aku dan adikku berangkat.

Sampai kepastian itu kudapatkan, aku masih belum berani membayangkannya karena takut sedih kalau tidak jadi. Dan akhirnya, alhamdulillah dan subhanallah aku-orang tua-dan adikku bisa berangkat.

Dengan segala doa, istigfar dan syukur yang tak henti-henti aku menginjakkan kaki disana dengan kekaguman yang tidak bisa diungkapkan, karena masih merasa mimpi berada disana.

Saat tiba disana tanggal 26 Juli 2011, cuaca disana sedang panas-panasnya, perkiraan sekitar 35 derajat. Malam dan siang cuacanya tetap panas. Mungkin kalau disini-banjarbaru- dengan cuaca sepanas itu aku ga bakal kuat pake pakaian tertutup rapat dan tidak pegang kipas, gerak dan keringatan pastinya. Tapi disana, ga ada keringatan sama sekali, ga gerah… jadi tentu ga perlu kipas-kipas.

Dan saudara-saudari, pengalaman yang ga akan pernah kulupakan adalah saat pertama kali melihat Baitullah di hari pertama menginjak Makkah, Subhanallah…… aku merasa diampuni segala dosaku, merasa sangat disayangi, merasa disambut dengan tangan terbuka dan merasa sangat bahagia. Mulut tak berhenti berucap syukur, hati berdebar-debar terus, tangan seakan ingin menggapai rumah Allah itu. Namun karena masih dalam niat ihram, maka semua ditahan dulu sampai semua prosesi umrah nya selesai-tawaf dan sai-

Yup, saat itu yang datang buanyakkk banget

Mengenai sai, dengan berjalan/lari-lari kecil diantara bukit safa dan marwah, yang terpikir dan membuatku sering mengucurkan air mata adalah… dahulu Siti Hajar-ibunda dari Nabi Ismail- berlari hanya untuk mendapatkan air untuk anaknya yang kehausan ditengah cuaca yang cukup panas, sambil terus berdoa semoga air yang didapatnya cukup untuk anaknya tanpa memikirkan dirinya sendiri. Dengan jarak yang cukup jauh, beliau terus berlari bolak balik 7 kali.
Sedangkan aku, berjalan diantara 2 bukit itu dalam keadaan tenang dan santai, kalau capek berhenti sebentar, kalau haus berhenti untuk minum air zam-zam, dan tidak dalam cuaca yang panas karena berada dalam lingkungan masjid yang beratap dan ada kipas angin.
Semoga Allah memberikan tempat terbaik untuk beliau, ibu yang berbuat terbaik untuk anaknya.

Saat sai..

Oke, sekarang diriku ingin berbagi perasaan tentang Ka’bah.
Ka’bah, haruuummmm banget… walau dipegang oleh beribu-ribu orang, baunya tetap harum, yang harumnya ga pernah kudapatkan dan kucium dari parfum manapun. Menyentuhnya selalu membuatku menangis-bahagia dan terharu-
Dan perasaanku ga bisa kulukiskan, kuharap kalian semua dapat merasakannya sendiri berada disana…

Satu tempat lagi yang kukunjungi yang juga membuat hati berdebar, adalah makam Siti Khadijah, istri baginda nabi Muhammad SAW.
Disini perempuan dilarang masuk mendekati makam beliau, hanya berada diluar makam tanpa bisa melihatnya, tapi laki-laki bisa masuk mendekati makam. Dan khabar yang kudapat dari bapakku yang masuk dan berdoa langsung dimakan beliau adalah harum yang teramat sangat disana, yang mana parfum sebanyak apapun ga akan bisa mengalahkan keharumannya.
Subhanallah…. makam ibu Siti Khadijah bukanlah sebuah kubur manusia biasa, tapi istana yang beliau dapatkan karena kecintaan beliau pada Allah, Islam dan Rasulullah SAW, serta berkat dari istri yang salehah.
Semoga aku bisa-paling tidak- sedikit saja seperti beliau….

Berikut beberapa tempat yang kukunjungi di Makkah

Peternakan unta di Hudaibiah

Arafah

di Bukit Marwah

Advertisements

2 responses to this post.

  1. Wah,, keren banget mbak, kapan yah saya bisa kesana? 😦

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: