Kanker Payudara, Penyebab Kematian Nomor 5 di Dunia..

Setelah mendapat beberapa bahan bacaan tentang penyakit ini dan pernah merasa mendapat penyakit ini, saya ingin berbagi. Sebelumnya, maaf kalau saya bercerita sedikit terbuka dan blak-blakan.

Kanker Payudara… Penyakit yang banyak menyebabkan kematian. Bagi para wanita, mendengarnya aja sudah membuat ngeri, apalagi mengalaminya. Saya pernah divonis mendapat penyakit tersebut yang membuat saya dah berpikir yang bukan-bukan. Sempat periksa darah dan segala macam tapi ternyata kesalahan diagnosa-menurut saya- karena sampai saat ini saya baik-baik saja,, Amin.. 😀

Kenapa saya sampai mendapat vonis? Tadinya saya menemukan semacam benjolan di payudara,katanya cuma FAM (Fibro Adeno Mamae) kemudian dioperasi untuk diambil benjolan tersebut. Saat memeriksakan benjolan tersebut untuk didiagnosa apakah tumor ganas (kanker) atau tumor jinak, ternyata dikatakan bahwa hasilnya adalah Adeno Karsinoma Mamae atau dengan kata lain kanker ganas lah.. (kalau ga salah)
Tentu saja hal ini membuat kaget seluruh keluarga dan membuat histeris saya, bahkan dokter bedahnya sendiri. Dilakukanlah pemeriksaan darah dan pengecekkan silsilah keluarga apakah ada yang menderita penyakit sebelumnya, namun ternyata tidak ada. Dan hasil pemeriksaan darah juga Normal. Saya disuruh untuk periksa darah lagi 6 bulan kemudian. Karena tidak ada masalah pada saya dan bekas operasinya, saya tidak melakukannya 😀 **yang ini jangan ditiru**

Setelah bertanya sana sini dan membaca beberapa referensi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hubungannya dengan Kanker Payudara ini.

  • Deteksi dini

SADARI… Periksa Payudara Sendiri. Kalian sudah pernah dengar program ini kan? Disarankan untuk para wanita untuk secara rutin memeriksa sendiri apakah terdapat benjolan. Lakukan disaat tiduran atau lagi mandi dengan mengangkat tangan dan meraba perlahan apakah ada hal yang abnormal. Apabila ditemukan benjolan di payudara sebelah kanan, coba cek juga yang sebelah kiri,  pabila tidak sama maka kemungkinan itulah benda abnormalnya.
Hal ini juga berlaku bagi para laki-laki karena tidak menutup kemungkinan para lelaki terkena kanker payudara, seperti ayah dari Melly Goeslaw-kalo ga salah- yang meninggal karena penyakit ini.

  • Bila sudah ditemukan, raba lebih teliti, jangan panik. Bila benjolan tersebut bergerak bebas, tidak diam, kemungkinan tumornya masih jinak, masih tertutup selubung sehingga masih belom merusak jaringan lain. Hubungilah dokter.
  • Selain pengobatan medis, cobalah juga melakukan pengobatan tradisional, seperti minum jamu kunyit putih. Apabila benjolan nya masih kecil, kunyit putih ini cukup efektif untuk mengobatinya. Saya dah coba hehehe…
  • Kurangi makan makanan yang memicu timbulnya kembali penyakit ini seperti lada, makanan berpengawet, MSG dan sejenisnya.
  • Untuk para cewe yang belom menikah dan mendapatkan penyakit ini, disarankan agar nantinya disaat sudah menikah dan ingin memakai kontrasepsi maka tidak diperbolehkan memakai kontrasepsi yang menggunakan hormon, seperti pil KB, suntik atau susuk, jadi yang diperbolehkan hanya spiral atau sistem kalender saja, karena akan memicu timbulnya kembali benjolan tersebut.

Yup, hanya itu yang bisa saya bagi disini, tentang kenapa bisa terjadi dan hal-hal ilmiah lainnya mungkin bisa ditanyakan langsung pada ahlinya.  Atau bisa di baca pada link-link yang saya sertakan di bawah tulisan ini.
Semoga kita semua bisa merawat diri dan mendeteksi segala penyakit-apapun itu- pada tubuh kita sebelum terlambat. Apabila ada teman, keluarga atau kerabat yang mengalami hal ini mungkin kita bisa sama-sama berbagi.. Ikhtiar dan bertawakal lah…. 🙂

Bahan referensi:

  1. Kanker Payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara, Hal ini bisa terjadi terhadap wanita maupun pria. Dari seluruh penjuru dunia, penyakir kanker payudara (Breast Cancer/Carcinoma mammae) diberitakan sebagai salah satu penyakit kanker yang menyebabkan kematian nomor lima (5) setelah ; kanker paru, kanker rahim, kanker hati dan kanker usus….  Penyebabnya…
  2. Apakah kanker payudara itu? Bila pada suatu tempat di badan kita terdapat pertumbuhan sel-sel yang berlebihan, maka akan terjadi suatu benjolan atau tumor. Tumor ini dapat bersifat jinak maupun ganas. Tumur yang ganas inilah yang disebut dengan kanker. Tumor ganas mempunyai sifat yang khas, yaitu …
  3. Faktor resiko yang berpengaruh pada kanker payudara yaitu …..
One response to this post.

  1. baru sadar ni layout dah berubah, aku sukaaaaa.
    btw, heeeeh, sana kontrol!

    Reply

Leave a Reply

