Banjir Kendaraan Bermotor

Akhir-akhir ini saya sering mengamati lalu lintas di Banjarbaru. Makin hari makin penuh dengan banyaknya kendaraan bermotor, baik yang mengendarai kendaraannya dengan santai-seperti diriku- maupun yang mengendarainya dengan sangat sangat sangat cepat, entah apa yang mereka kejar.
Yaa, disaat ditempat lain banjir air, Banjarbaru-kota kelahiranku- lagi banjir yang mungkin ga akan pernah surut, banjir kendaraan bermotor.

Sering kupikirkan kenapa sekarang lalu lintas sangat penuh dengan kendaraan bermotor, yang akhirnya sampai pada kemungkinan-kemungkinan:

  • Orang-orang Banjarbaru pada khususnya dan Kalsel pada umumnya taraf hidupnya sudah meningkat sehingga tiap orang sudah bisa beli sepeda motor atau mobil. Walau sebenarnya mungkin bisa beli karena kredit murah, hanya 500 ribuan sudah bisa bawa pulang 1 buah sepeda motor.
  • Semua orang tidak kenal laki-laki atau perempuan, tua atau muda, pelajar atau mahasiswa atau pegawai, punya SIM atau tidak, pintar atau ngga mengendarai kendaraan, cakep atau jelek…. semua pakai kendaraan ke jalan raya.
    Ngga seperti dulu, kalau ga punya SIM ga bakal berani pergi ke jalan besar, paling jauh juga disekitar komplek perumahan sendiri. Tapi sekarang, anak SMU yang ga punya SIM bahkan anak SD sekalipun berani bawa motor ke sekolah sehingga sempat terlihat di sebuah sekolah menengah di Banjarbaru parkiran motornya hampir sama luasnya dengan lapangan upacara.

macetHal diatas tentu saja membuat jalanan jadi mulai macet. Lagi-lagi diriku jadi korban karena diriku tidak begitu berani berkendaraan bila jalanan penuh dengan motor, itulah salah satu alasan saya tidak pernah ke Banjarmasin naek motor.
Selain macet juga ga jarang menimbulkan kecelakaan yang dikarenakan:

  • Motor atau mobil parkir seenaknya di pinggir jalan seakan tuh jalan milik sendiri, tanpa mempedulikan dia parkir didekat penyeberangan, pertigaan atau dimanapun.
  • Banyaknya orang-orang yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi, entah karena dia mo cepat pulang karena kebelet mo pipis atau BAB, atau karena mo pamer kelihaian, atau ngga nyadar karena spedometernya rusak.
  • Banyaknya juga pengendara yang tidak menggunakan fasilitas kendaraannya dengan semestinya. Seperti berbelok tidak menyalakan lampu sein, ga bisa melihat kendaraan dibelakangnya karena ga punya spion.
  • Memberhentikan kendaraannya seenaknya, tanpa tanda apa-apa.
  • Menelpon atau sms-an sambil berkendaraan.
  • Naik satu motor 3 orang yang mana ketiganya berbadan besar seperti atlet binaraga.
  • Belum termasuk orang-orang yang tidak pake perlengkapan berkendaraan, seperti ga pake helm…. Yang helm biasa aja ga pake apalagi helm standar.
  • Banyak lagi deh…. Selain jalan nya sendiri yang sempit, ga sesuai dengan jumlah kendaraanpengguna jalannya.

Jadi yang rugi siapa kalau begini??? Para pengguna jalan lain yang tidak memakai kendaraan dan tentu saja diriku…… Semakin terlihat kalau diriku ga pandai naik motor 😦 Apa sebaiknya akau ganti aja ya,, naek sepeda…..

Pake ini lebih enak kayaknya..

Pake ini lebih enak kayaknya..

Gambar diambil dari sini dan sini

Advertisements

18 responses to this post.

  1. setuju .. naik sepeda saja ya Ann, sehat lagi

    Reply

  2. pake mobil aja an…
    lebih seru tuh…

    kalo ngga ada…
    minimal mobil taksi….

    Reply

  3. BANJARBARU AJA PADAT, APALAGI KOTA YG BERNAMA BANJARMASIN.
    PERTAMBAHAN MOTOR GAK DIIMBANGI AMA PERTAMBAHAN JALAN.
    KARENA KALAH CEPAT AMA GERAK LAJU PENJUALAN MOTOR.
    KANTOR PEMBIAYAAN MANA SIH YG GAK BUKA CABANG DI BANJARMASIN….

    Reply

  4. @nia: hooh.. tapi capek… dari rumah anna ke kantor kan jalannya turun naik gitu..

    Reply

  5. @bakhrian: naik mobil mabok 😦

    @anas: iyah… peningkatannya cepat banget

    Reply

  6. ternyata ujung-ujungn ya curhat karena gak bisa naek sepeda motor huhu
    makanya belajar, non
    kursus gratis ama saya, deh 😀

    Reply

  7. klo pake sepeda ga kuat ngayuh di air… 😀

    Reply

  8. Iya ya.. Sekarang anak SD ato SMP aja udah pada ngebut di jalan2 kompleks perumahan, aku aja sampe skrg ga bisa naik motor hehe..
    😛

    Reply

  9. Kalo di Kalimantar seperti itu, bagaimana dengan di Jakarta?? Lebih ruwet. Huhu…

    Reply

  10. iya mb, disini aja bule2 pada naik sepeda,, so sweet yaa…mereka cinta alam daripada warganya sendiri… 🙂

    Reply

  11. Selamat bersepeda ya…,salam kenal 😀

    Reply

  12. Kalau naik sepeda bisa hemat BBM.
    Lagian kalau macet, sepedanya bisa diangkat.
    Hehehe..

    Reply

  13. @warmorning: takut ah kursus ama dirimu bos, ntar diajarin jadi pembalap motogp lagi 😛

    @nono: sepeda air dunk 😀

    @siwi: saya bs nya juga terpaksa tuh, karena dah capek jalan kaki heheheh

    @adit-nya niez: iya ya ditt…. polusiiiiii….

    @hera: yup, yang terlihat emang banyak org luar yang pake sepeda.. Ada juga sih dimartapura anak2 sekolah naik sepeda, kerennn… tapi kalo orang kantoran naik sepeda, belum ada terlihat tuh

    @tuyi: salam kenal juga…

    @Edi Psw: itung-itung akan beban ya pa, sapa tau nantinya jadi atlit angkat berat 🙂

    Reply

  14. Wuaaaa.. kangen naik sepeda….. Sumpek juga liat motor bnyk bgtt.. dimana2.. Parkiran aja penuh.. belum termasuk yang seliweran dijalan raya…

    Reply

  15. naek speda.. oke2 aja lagi.. 😀
    lam knal ya.. 🙂

    Reply

  16. Taraf hidup masyarakat di Banjarbaru belum sepenuhnya meningkat. Hanya saja masyarakat di Kalimantan Selatan cenderung konsumtif dan belum menemukan pola pikir yang dewasa. Menurut saya lho..

    Piss

    Reply

  17. Yaahhhh….kalo aku di hulu sungai nih ya.
    1. Berangkat kerja, mau maen basket, cari penganan, atau hal2 lain yang kurang mendesak mending joging (jalan kaki) atau naek sepeda.
    2. Kalau mau pergi untuk suatu hal yang mendesak baru pakai motor
    3. Kalau pergi ke luar kota atau BJB misalnya aku pakai taksi terus minjam motor (untuk hal nomor 2) sama adekku yang lagi kuliah di BJB…eenak kan?

    Reply

  18. Thanks for the inspiration….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: