Selamat ya Indonesia…

MERDEKA……

Ada yang berbeda di hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus kemarin. Apa yang beda??? Karena dihari tersebut ada upacara??? Iya sie, tapi bukan itu 🙂 Apa karena di hari itu banyak perayaan-perayaan kemerdekaan seperti perlombaan-perlombaan atau hiburan-hiburan?? Juga bukan itu.

Beda, justru karena pada hari kemerdekaan kemarin, dikampungku-Banjarbaru pada khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya- hampir tidak ada kegiatan sama sekali yang berhubungan dengan peringatan 17 Agustus seperti yang terlihat dikota-kota lain yang kulihat di televisi -kecuali Upacara Bendera tentu saja. Tidak ada yang namanya panjat pinang, tarik tambang, lari karung, tidak ada lomba karaoke… atau lomba-lomba lain.

Kenapa??
Karena hari itu bertepatan dengan tanggal 15 Syaban (menurut tanggalan Hijriah), 15 hari sebelum bulan Ramadhan. Sudah semacam tradisi yang seakan-akan merupakan kewajiban untuk melakukan ibadah yang lebih banyak sejak malam nya serta melaksanakan puasa pada siang harinya.
Jalanan sepi…. Pasar sepi… Lapangan tempat biasanya ada acara disetiap tanggal 17 Agustus juga sepi… Warung-warung dan toko makanan tutup. Hanya bendera-bendera yang berkibar banyak terpasang dipinggir jalan, didepan rumah…

Tapi, apakah itu berarti kami tidak menghargai hari kemerdekaan itu??
Hushh… jangan sembarangan ngomong ya… Acara-acara yang tertunda itu mulai terlihat pada pagi tanggal 18 Agustus. Seakan-akan tanggal 17 itu pindah ke besok harinya, kecuali upacaranya 😀 Saat aku keluar rumah sekitar jam 10.00 pagi, pohon pinang sudah banyak tumbuh ditempat-tempat yang dulunya tidak ada pohon disana, dengan baju-baju, celana, kotak yang entah apa isinya bergelantungan hehehe…. Entah kapan pohon itu tumbuh disana 🙂 Jalanan kembali terlihat penuh… Suasana yang kemarinnya kulihat di tv, sekarang baru terlihat di kampungku.
Saat ini pun, masih terdengar suara-suara musik dangdut, orkes melayu yang mengiringi suka cita kemerdekaan… sampe rada-rada aneh nih kuping ngedengarnya hehehe

Selamat Hari Kemerdekaan INDONESIA….

**maaf telat ngucapinnya 🙂 **

Advertisements

3 responses to this post.

  1. Kalau saya mendukung tradisi tersebut dengan meningkatkan ibadah, soalnya perayaan kemerdekaan tahun ini banyak yang terlalu berlebihan. Mereka menghambur-hamburkan uang, padahal sebenarnya dana tersebut bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih penting.

    Reply

  2. Merdeka! Ada perlombaan apa saja di 17 Agustusan?

    Reply

  3. Posted by anna on August 23, 2008 at 12:11 pm

    @Edi Psw: bener banget pak…

    @isnuansa: biasa lah…. panjat pinang, lari karung de es be… standar deh…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: