Ditilang????

Kemarin pulang kantor lewat jalan protokol-jalan A.Yani. Dari jauh melihat ada dua orang polisi ditengah jalan -dengan tangan dilambai-lambaikan- mencegat beberapa pengendara motor. Sial… kupikir bakal ada tamu agung yang mau lewat,, aku baru nyadar kalau dua orang polisi itu ada di depan kantor satlantas… RAZIAAA…!! (teriak ku dalam hati). SIM bawa,, GILAAAAA…. STNK LUPA BAWA… (sial banget pikirku)… GIMANA NICH ???!!##$@%$#! (dah mulai kacau pikiran) KABUR PUTER BALIK GA MUNGKIN, POLISINYA DAH KEBURU NUNJUK-NUNJUK…. Dengan pasrah dan banyak istigfar dalam hati, aku jalankan motor masuk halaman kantor itu. Dan ternyata bener, yang diperiksa adalah SIM dan STNK… untung motorku lampu depannya nyala, jadi ga ada kesalahan yang terlihat dari luar. Dah banyak orang-orang yang berdiri ngumpul, dikasih surat.. tilang mungkin…

Di halaman kantor itu ada 4 orang polisi yang periksa-periksa in kelengkapan-kelengkapan. Pinggir kanan kosong.Lewat samping itu ajah, terus parkir… terus telpon bokap buat bawain STNK ke sini” pikirku.

Anna : STNK donk… Bawain kesini …
Bokap : Kemana???
Anna : Kantor polisi,, kena razia nehh…. (suara memelas…)
Bokap : Razia??? Hahahahaha…..
(gila anna diketawain… ditolongin apah.. bete banget deh ni bokap)
Bokap : Lagi di dinas neh, telpon nyokap deh… Nyokap dah di rumah, STNK nya juga ada di rumah tuh..

Terus telpon rumah … Untung nyokap cepet tanggap, langsung tutup telpon dan cari tuh STNK yang ga tau juga ditaruh dimana oleh bokap.

Duduk diatas motor,, lima menit….. nyokap belom datang juga…
8 menit…. Pindah duduk ke teras….. aku dah mulai bete…
11 menit … senyum-senyum ama polisinya. Dicuekin… tapi ga didatengin… mungkin dikira aku nunggu temenku kali yaa…pikirku.
15 menit…. Terbersit pikiran iseng + nakal + nekat. Kayaknya aku bisa kabur neh.

Berdiri,, terus jalan ke kerumunan orang-orang yang dapet surat tilang… ngajak ngomong satu orang cewe yang juga dapet surat..
Anna : diapain sih???
Cewe : diem… Cuma ngeliatin doank… stress kayaknya.. pucet mukanya
Anna : Dikasih surat yah??? Sok bego…
Cewe : iyah..

Dah ah… males najak ngomong lagi… liat celingak-celinguk… liat arah luar… wahhh… ada nyokap disitu… horeeee… bisa pulang…..
langsung jalan cepat ke arah nyokap. Ambil STNK… lalu jalan santai balik ke teras… dapat STNK nya… trus STNK ini diapain yah??? Kasih ke polisi?? Ketahuan donk aku ga lengkap, ya dpt surat juga…ah,, mending langsung kabur ajah…kalo di pritt juga, bilang aja tadi udah diperiksa. Surat-surat nya kan lengkap… OK.. keputusan bulat.

Duduk santai 1 menit diatas motor,, ambil kunci… starter… JALANNNNN…. (sambil berdoa dalam hati.. jangan dipanggil… jangan di prittt… polisinya jangan liat… polisinya santai…)…. … Dah diluar…. Berhasil !!!!! HAHAHAHAHAAAA….. ga jadi ditilang……. HOREEEEEEEEE….. HOREEE..

Tips bila kalian-kalian kena razia dan ga lengkap surat-suratnya:
1. Jangan coba kabur
2. Jangan gugup
3. Santai..
4. Ambil jalan pinggir, dibarisan yang ga ada polisinya…..
5. Parkir seolah-olah dah diperiksa…
6. Coba telpon seseorang yg bisa bawain kelengkapan surat
7. kalau keadaan tenang dan bisa kabur tanpa dapat surat “itu” -yang membuat kita pernah dapet catatan jelek dalam hidup, yaaa kabur ajah….
8. tapi yang penting…BERUSAHALAH jujur dulu…. Seperti aku gitu… hehehehe

Catetan: Jangan lakukan apa yang kulakukan tanpa pengawasan ahlinya 😀 ehem….

Advertisements

34 responses to this post.

  1. paling asik tuh: adalah yakin betul bahwa diri tidak bersalah.
    aku inget pas lewat lampu merah yang dijaga polisi, lagi dibonceng teman, lupa bawa helm, polisinya lihatin aku, sementara aku balas tersenyum, kirain napa ni orang kok liat-liat (oh iya, gua manis), jadi lewaaaat aja gitu. aku baru sadar aku gak pake helm pas dah sampe.

    Reply

  2. waaaaah.. curang… enak banget gak kena tilang.. coba seandainya ridu waktu itu gak kena tilang yah! hebat banget.. emang lagi beruntung juga kali yah..

    Reply

  3. Yang paling penting sebenarnya membiasakan diri teliti sebelum berangkat… 🙂
    YAng kagak kalah pentingnya adalah pengetahuan mengenai undang-undang lalu lintasnya. Ane punya pengalaman, pernah kena razia. Kebeneran ane belom bayar pajak STNK, terus polisinya bilang mau ngasih tilang. Ane kagak mau, soalnya pajak kendaraan bermotor PKB bukan urusan polisi, tapi urusan dispenda. Ane tanya pasal berapa yang ane langgar… Waaahhh, itu polisi mulai marah, bilangin kalo ane ngelawan petugas. Tapi ane bilang kalo ane bukan mao ngelawan petugas, karena sebagai warga negara ane juga punya hak untuk bertanya. Bertanya kan tidak sama dengan melawan. CUkup lama juga adu mulut, akhirnya ane bilang kalo ane faham dan tau undang-undang lalu lintas… Hehehe, dilepas juga akhirnya…:mrgreen:

    Reply

  4. Nah kan,….bener yang dibilang kalo surga itu ada di telapak kaki ibu.

    Padahal ga tau kan, si ibu lagi ngapain, kali aja dia juga lagi ada urusan ato lagi capek, tapi masih dibela-belain buat nyari STNK n nganterin lagi. 🙂

    Salam buat ibu-nya ya……hehehe

    Reply

  5. untung aku selalu lengkap bawa surat2 kalo naik motor.
    jadi walaupun ada razia, tenang aja lagi
    kapan2 coba tips itu deh kalo lupa bawa surat2

    Reply

  6. Untung STNKnya di rumah. Seandainya STNKnya dibawa Bokap, tentunya Nyokap akan kerja dua kali. Harus mencari Bokap dulu untuk mengambil STNK baru mengantarkan ke kantor polisi. Dan itu nggak cukup hanya 15 menit, mungkin malah sampai 30 menit lamanya.

    Reply

  7. Minggu kemaren pernah juga ditilang gara-gara nerobos lampu merah, ditilang 8.500 perak. 😀 😀

    Reply

  8. haha,
    bokapnya keren juga,
    masak malah ngetawain 😆

    Reply

  9. di tilang? udah permainan kali, bahkan yang semua kelengkapannya lengkap pun juga kena tilang, dan tips yang terbaik adalah:

    ketika tuh pak polisi mau menilang motor kita dan ngebawanya bilang aja: “Bawa aja pak, kalau perlu jual aja sekalian”, pasti tuh polisi bakalan mikir jawaban dari ucapan tersebut, sudah terbukti di Padang

    *tidak dianjurkan bagi mereka yang meminjam motor orang lain*

    Reply

  10. Posted by anna on February 21, 2008 at 5:50 am

    @mina: kaka kan emang suka begitu..

    @ridu: emang… itu hari keberuntungannya anna kayaknya

    @caberawit: kereennn… anna ga berani kayaknya kayak gitu

    @bimaconcept: iyah… ibuku memang baikkkkkk banget walau agak cerewet 😀

    @away: yup.. anna juga sekarang selalu cek surat2 dl sebelum berangkat

    @edy psw: iyah… tapi saat nunggu terasa lamaaaa banget..

    @yorick 100%: disini, kalau kena tilang ga ada yang dibawah 10.000 -kalo ga salah-

    @aLe: bokap anna kadang emang agak aneh

    @dodot: bener 😀

    Reply

  11. Polisinya minta rokok, kebetulan ada tukang rokok yang lewat. Dia minta Jisamsu, untungnya cuma ada yang kecil isi 12. Harganya 8.500, untungnya ji samsu yang gede ga ada.. hehehe…
    Jisamsu yang gede harganya berapa ya?

    Reply

  12. Posted by Febra on February 21, 2008 at 8:41 am

    wakakaka..padahal bbrp hari yg lalu aku mau posting juga masalah ginian..aku juga ga kena tilang tapi penuh dengan pentas drama 😆

    ceritanya gini..sore2 jam 4 polisi ngadain razia..di dekat perempatan jadi ga mungki bs kabyr..untung aku selalu bawa tas, dengan pura2 wajah cemas dan melihat2 jam ditangan..saya bilang ke polisi agak tua diluar..”pak saya sudah telat mau ujian semester, 10 meit lagi ga bileh masuk klo saya blm sampai”

    dubrak..polisinya kena dan menujinkan aku lewat..wakaka 😆

    *atau mungkin polisinya itu mmg polisi yg baik 😀

    Reply

  13. Keren,, tapi apa jadinya klo di priitt,, Hey jangan kabur!! 😀

    Reply

  14. wah, saya malah palling sering kabur tuh pas di tilang. well, jadi kejar2an sama polisi. hihi…

    Reply

  15. Posted by anna on February 25, 2008 at 1:29 am

    @yorick 100%: wahh… nda jualan rokok lage nih anna 😀

    @febra: ada untungnya selalu bawa tas donk ya… ada isinya ga tuh tas???

    @ivo: dah dipikirkan.. kalo di pritt anna akan bilang : “tadi kan udah diperiksa, bapak lupa yah??? ini aja stnk dan SIM nya masih ada dikantong” hehehehe

    @pink: kejar2an??? belom pernah ketangkep yah? hati2 tuh….

    Reply

  16. adepin ajah kali yah,pura2 ga ada apa2. kalo ngehindar malah dicurigain kan 😀

    Reply

  17. hihihi…malah ngerepotin orang tua,,, :p

    Reply

  18. Ini orang fasti kena tilang lagi… 👿
    Mana fostingan baru-na? Mana? 👿
    *dilindes* :mrgreen:

    Reply

  19. aq sih selalu bawa stnk n sim kalo mengendarai motor. biar bisa jalan2 dengan tenang…

    Reply

  20. Posted by Febra on February 25, 2008 at 10:02 am

    @ anna : hehehe..tas saya selalu berisi macbook 😀

    Reply

  21. Posted by danummurik on February 26, 2008 at 2:47 am

    Kalo udah lengkap dan ada pemeriksaan atau razaia kelengkapan kendaraan jangan menghindar (kebanyakan orang seperti itu, alasannya malas berurusan sama om Police), datangi aja. Pertama karena udah lengkap, kedua, sayang rasanya kita udah bayar ini-itu untuk bikin SIM kan rugi kalo ngga digunakan. Kalo bisa cari aja kalau ada razia, biar gak rugi ha….ha,,,

    Reply

  22. Posted by anna on February 26, 2008 at 3:49 am

    @galih: kan dah anna adepin… tp ngehindar.. nah lo, bingung kan… 😀

    @sezsy: ngga kok… cm minta tolong ajah hehehe

    @caberawit: sabar donk.. lg cr inspirasi neh 😀

    @Annie: biasanya juga bawa mba.. kmrn itu aja kelupaan…

    @Febra: bukan Mac donald yah??? hihihi **kaburrrrr**

    @danumurik: dulu jg pernah kena, tp krn bw lengkap jadi ga masalah.. kemarin aja tuh yg lg sial… tp kalo cari2 razia,, ga ah…

    Reply

  23. Wahahaha… Ndak patut dicontoh :mrgreen:

    Reply

  24. point nomer 7 merupakan inti dari tipsnya 😀

    Reply

  25. mentang-mentang lagi di jogja, gak ngeblog lagi ni ye :p

    Reply

  26. Posted by Febra on March 9, 2008 at 6:18 pm

    weee..lagi dijogja toh?? ada acara apa non? 😀

    Reply

  27. adalah menyenangkan saat ada tilang menilang tapi surat2 lengkap, serasa jumawa aje.. 😀

    Reply

  28. Posted by Anna on March 22, 2008 at 5:11 am

    adit-nya niez: iya dit, jangan dicontoh ya..

    mina: kau yg mengirimku kesini kan bu :p sibuk banget neh,jadi ga sempat ol hihihi

    febra: tugas nih feb.. Mau oleh2 apa?? Eh,ga usah dehya.. 😀 *ga niat ya hehe*

    warmorning: yup,serasa lebih hebat dari yg ga lengkap 😀

    Reply

  29. salam kenal aja, kunjungi saya di taufik79.wordpress.com

    Reply

  30. butuh pengawasan dari sang ahli nie

    Reply

  31. met kenal
    seru juga pengalamannya..hehe

    Reply

  32. hahaha dodol banget…gw ngak bakal deh berani 🙂

    Reply

  33. Posted by pedro on July 22, 2008 at 9:36 am

    ha..h.a…h.a sama bro……
    ni pengalaman yang pait
    emang sih aku orangnya slalu bawain kelengkapan,….. tau_taunya nih
    ketika aku mau keluar kota tuh smuan namanya SIM, STNK tuh ane tinggalin di Kos-kosan (maklum Baru tamat kul) trus ane suruh ade ngantarin ngga jauh dari tempat kos ke loket, tiba-tiba tuh poLiSi,,, pirrrrrrt, dlam hati emang apes nih nasib baru skali ngga bawa stnk udah gini….ha..h.h.a.h.a.
    kacau minta bayaran lagi
    gue bilang aja
    tunggu ya pak
    ane ambil dulu Surat²
    trus dikasih
    polisinya tuh cari kesalahan lagi cari ampe pentilnya apa ada tutup ato ngga
    untuk ane punya motor lengkap
    huh…………..dasar polis* taunya meras aja

    tips biar ngga ketangkap
    standart kecepatan
    muka jangan celenga-celengo alias pandangan dengan wajar
    jangan gugup
    usahakan klu mau jalan priksa kelengkap[an
    key

    Reply

  34. Posted by anna on July 23, 2008 at 12:49 pm

    Sorry pada baru kejawab koment2 nya…
    @taufik79: lam kenal jg..

    @puputs: yoi.. mo diawasin?? 😀

    @ratna: lam kenal juga… seru sie,, tp ga lagi deh..

    @uwiuw: terpaksa sie 😦

    @pedro: setuju banget ama tips nya… yang penting, pede.. hohoho

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: