Harry Potter and The Deathly Hallows

Harry Potter and The Deathly Hallows (Harry Potter dan Relikui Kematian)
harpot-7.jpgOleh J.K (Joanne Kathleen) Rowling
Dialihbahasakan oleh Listiana Srisanti
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008
Berisi 1008 halaman, 20 cm

Buku ini merupakan episode terakhir dari epik Harry Potter. Seru??? Tentu saja… Namun sayang, kematian Voldemort di buku ini tidak terlalu menghebohkan. Kenapa yah?? Apa karena aku sudah baca spoilernya?? Hiks 😦 Mungkin..
Sedikit akan kuceritakan disini, walau tentu saja kalian semua dah baca lebih dulu dari ku sejak cetakan dalam bahasa Inggrisnya keluar.

Harry Potter hampir memasuki usia nya yang ke tujuh belas yang berarti dia akan kehilangan perlindungan sihir yang didapat dari ibunya-Lily Potter-saat Voldemort ingin membunuhnya pertama kali. Setelah kematian Profesor Dumbledore -baca Harpot 6 yah..- Harry mendapat tugas untuk menghancurkan horcrux-horcrux Voldemort yang tersisa yang dia sendiri tidak tau apa aja horcrux-horcrux itu karena dia tidak diberi petunjuk sedikitpun. Dan sebelumnya Harry dan temannya mendapat wasiat dari Professor Dumbledore berupa Snitch dan pedang Gryffindor (untuk Harry), Buku Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita (untuk Hermione Granger), dan Deluminator (untuk Ron Weasley). Bagi yang lupa Horcrux itu apa, yaitu benda yang didalamnya terdapat sebagian dari jiwa/roh Voldemort yang mana apabila tidak dimusnahkan maka Voldemort tidak akan mati walaupun dia sudah sangat lemah.

Jadi, setelah dia meminta keluarga Dursley-keluarga muggle tempat dia tinggal dari kecil dan dimasa liburan sekolahnya- pergi menjauh dan dia berada di the Burrow-rumah keluarga Weasley- sampai usianya 17 tahun, perburuan dan petualangan mencari horcrux-horcrux ini dimulai, dan tentu saja ditemani oleh sahabat-sahabat setianya, Ron dan Hermione-yang mana keduanya dah “sangat dekat” dalam Harpot 7 ini. Dengan selalu berpindah-pindah dengan ber-disapparate atau ber-apparate (koreksi kalo aku salah tulis yahh.. 🙂 ) petualangan mereka sangat seru untuk diikuti.

Horcrux-horcrux Voldemort ini ada 7 buah yaitu :

  • cincin yang ditemukan dirumah Voldemort yang dulu; —- dihancurkan dan ditemukan oleh Professor Dumbledore dengan Pedang Gryffindor
  • Buku Harian Tom Riddle yang telah dihancurkan oleh Harry didalam sebuah tempat dibawah Hogwarts (bisa dibaca di buku Harpot terdahulu, lupa yang keberapa 😀 ); —- dihancurkan oleh Harry dengan Taring Basilisk
  • Liontin yang pada awalnya diletakkan oleh Voldemort di sebuah danau yang kemudian diambil oleh adik Sirius Black-Regulus Arcturus Black- dengan mengorbankan nyawanya sebagai bukti penyesalannya karena telah menjadi pengikut Voldemort yang kemudian disimpan oleh Kreacher-si peri rumah- lalu dicuri oleh Mundungus Fletcher -salah seorang anggota orde phoenix- dan terakhir di ambil oleh Dolores Umbridge -pengikut Voldemort yang bekerja di Kementrian sihir; —- dihancurkan oleh Ron Weasley dengan Pedang Gryffindor
  • Piala Hufflepuff yang diletakkan oleh Voldemort didalam brankas pengikut setianya -Bellatrix Lestrange- di Bank Gringotts; —- dihancurkan oleh Hermione dengan Taring Basilisk
  • Diadem(tiara/mahkota) Ravenclaw yang diletakkan di dalam kamar kebutuhan -yang merupakan markas dari Laskar Dumbledore; —- hancur dengan sendirinya karena fiendfyre-api kutukan- yang dilancarkan oleh Crabbe
  • Nagini-ular besar yang selalu berada didekat Voldemort; —- yang dibunuh oleh Neville Longbottom dengan pedang Gryffindor; dan
  • Harry Potter yang mana Voldemort sendiri tidak tau kalau sebagian jiwa/rohnya terpindah ke Harry saat dia mau membunuhnya sewaktu bayi dan horcrux itu hancur ketika dia melancarkan kutukan ke Harry saat dihutan. Setelah inilah Harry sempat berada diantara dua dunia, dunia manusia dan dunia roh, yang mana dia bertemu dengan Profesor Dumbledore dan mendapatkan penjelasan semua yang ingin diketahuinya. Disini jugalah Harry akhirnya memutuskan untuk terus hidup dan menghancurkan Voldemort dengan perasaan tidak takut terhadap kematian karena hal inilah yang tidak dimiliki oleh Voldemort.

Berkaitan dengan relikui kematian sendiri… hal ini muncul deathly-hallows1.jpgdan terkuak dari gambar di kisah tiga saudara yang ada pada buku Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita yang diwasiatkan Dumbledore kepada Hermione. Relikui Kematian ini ada tiga benda yaitu tongkat sihir elder yang tidak terkalahkan, batu yang memiliki kekuatan untuk memanggil orang mati dan jubah gaib yang bisa membuat si pemakai tidak terlihat. Jubah Gaib sendiri sudah dimiliki oleh Harry yang sebenarnya sudah menjadi milik ayahnya-James Potter, batu berkekuatan dapat memanggil orang mati tersebut ternyata berada dalam snitch yang diwasiatkan oleh Dumbledore, sedangkan tongkat sihir elder adalah tongkat sihir nya Dumbledore yang telah dimenangkannya dari Griendlewald-teman sekaligus musuh lamanya. Relikui kematian ini akan berpindah kepemilikan apabila direbut oleh orang lain dengan cara membunuh atau mengalahkannya dengan maksud untuk mengalahkan bukan untuk membantu mengalahkan.
Voldemort hanya tau tentang tongkat sihir elder dan dia berpikir dengan mengambil dari Dumbledore dan membunuh Professor Snape yang diduganya sebagai pembunuh Dumbledore-yang pembunuh sebenarnya adalah Draco Malfoy- dia bisa menggunakan tongkat sihir itu. Sehingga di duel terakhir Voldemort dengan Harry Potter, dia terbunuh oleh kutukan nya sendiri yang berbalik arah.
Intinya Harry Potter and The Deathly Hallows ini berakhir dengan bahagia.

Itulah sebagian dari cerita di Harry Potter ketujuh.. Salah khilaf mohon dimaafkan…. (begitulah mungkin yang dikatakan oleh J.K Rowling hehehehehe…..)

Beberapa kematian yang terjadi di buku ini :

  • Dobby, -peri rumah yang dulunya merupakan peri rumah nya keluarga Malfoy yang akhirnya bebas karena Harry- meninggal terkena pisaunya Bellatrix Lestrange saat membebaskan Harry Potter saat dikurung di rumah Malfoy. Aku nangis sampe banjir-banjir saat dia meninggal..
  • Severus Snape, dibunuh oleh Nagini… Aku kagum dengan cinta sejatinya Snape kepada Lily Potter-ibunya Harry- dimana dia mencintainya sampai akhir hayatnya. Seandainya ada yang mencintaiku seperti itu 😀
  • Fred Weasley, meninggal saat perang dengan para pelahap maut di Hoggwarts
  • Remus lupin dan Tonks-istrinya, -yang baru saja memiliki seorang anak- meninggal saat perang dengan para pelahap maut di Hoggwarts
  • Colin Creevey, -murid yang pernah membeku karena menatap mata basilisk lewat kamera nya- meninggal saat perang dengan para pelahap maut di Hoggwarts
  • Dan semua yang tidak bisa disebutkan satu persatu…

Turut berduka cita….heuheuheuheu…. :’(Akhir yang berbahagia terlihat dengan menikahnya Harry Potter dengan Ginny Weasley yang mempunyai 3 anak yaitu James, Albus Severus dan Lily; Ron Weasley dengan Hermione yang mempunyai 2 anak yaitu Rose dan Hugo.

The End.

Advertisements

25 responses to this post.

  1. bused lengkap amat! 😆
    untung saya udah selesai baca

    Reply

  2. Ridu lebih prefer nonton film-nya :mrgreen:

    Reply

  3. Tapi ending nikahnya di luar perkiraan yah…

    Reply

  4. oh betapa spoilernya 😀

    Reply

  5. Posted by Febra on February 7, 2008 at 6:02 pm

    tapi sayang..akhirnya bagiku terlalu dipaksa..tapi tetep kereen kok 😎

    salam 🙂

    Reply

  6. Posted by savitri on February 8, 2008 at 7:25 am

    Review (atau boleh dikata, summary) yang lengkap dan cukup detail. Reminder yang bagus bagi yang sudah baca beberapa saat yang lalu, lalu lupa detail-detailnya.

    Reply

  7. Rajin..Euy…bikin sinopsis nya….

    Buat Ridu, Kalo pilemnya mah kurang lengkap soalnya banyak yang di potong2 …

    Reply

  8. Posted by pirates41 on February 8, 2008 at 4:26 pm

    nyalin dari mana tuh…???

    Reply

  9. julid 6 yg manusia setengah dewa itu aje baru kebaca satu lembar, liat bukunya yg maknyus tebelnya malah merayu saya untuk ngegeletakin pala saya di atasnya.. 😀

    Reply

  10. Akhir yg sangat bahagia adalah dipersatukannya ron dan hermione. Thats so sweet….

    Reply

  11. happy ending nih ceritanya…hehehe….salam kenal ya 🙂

    Oiya, waktu itu gw dapet email cerita, trus gw copy kesini :

    http://bimaconcept.wordpress.com/2008/02/13/aku-tidak-akan-menyakiti-wanita-seperti-ini/

    kalo sempet kasihin komen ya…hihihi

    Reply

  12. @edy : ahh.. ini masih kurang lengkap deh 😀

    @ridu: film nya beda ama bukunya rid, ga seru…

    @adit-nya niez: iya sie… tapi sialnya anna dah baca duluan dari spoiler 😦 hiks

    @mina: anna bisa nambah daftar2 spoiler kan ka… 🙂

    @febra: yup… diakui.. dah terlalu panjang soale.. salam juga

    @savitri: thanks..

    @annie: kebetulan ajah mba…

    @pirates41: nyalin dari otak nih mas…

    @warmorning: ah.. anna juga kadang gitu diawal2 baca… ini ada satu buku yang menunggu dibaca, tebalnya dah kayak bantal jepang 😀

    @yetty: doeh… yang lagi ehem…. 😀

    Reply

  13. ditunggu segera filemmnya 😀

    Reply

  14. Posted by niez-nya adit on February 14, 2008 at 3:07 am

    blum baca… 😦

    Reply

  15. Posted by Febra on February 18, 2008 at 9:14 am

    updetttttttttttttttt 😀

    Reply

  16. dodot lebih suka nonton pilem nya aja, kalau lewat buku yang tebalnya hingga 1008 halaman, wak perlu dua tahun untuk bisa mengerti

    Reply

  17. Posted by anna on February 21, 2008 at 5:43 am

    @raida: oke mba… lagi saya bikin neh hehehe

    @niez-nya adit: baca donk niez

    @febra: udah…

    @dodot: lebih seru buku dot… kalau film lebih banyak dikurangi dan dipotong2

    Reply

  18. Posted by Lulas on April 28, 2008 at 8:23 am

    kenapa coba Ron nikah ama Hermione???Kayaknya kurang cocok ya? Bukannya Harry suka sama Cho Chang? Kenapa jadi nikah sama Ginny? Aku jadi bingung.

    Reply

  19. hiks hiks hiks sedih ga ada lagih harry potter…..

    iyah emang matinya ga spektakuler yaaaaaaaah!!!

    tapi tapapalah…

    lebih lucu kisahnya Ron sama Hermione ah daripada Harry ma Ginny 😉

    Reply

  20. Posted by anna on April 29, 2008 at 1:36 am

    @lulas: bukannya Ron emang suka ama Hermione dr dulu?? Cocok kok 😀 Mungkin ada rasa bersalah yang membuat Harry deket ama Cho Chang…
    Kalo ternyata dia nikah ama Ginny, krn dia suka ama Ginny, kalo ga suka ga mungkin donk dia menikahinya hehehehe

    @natazya: Iyah 😦 yup, anna jg lebih suka baca tentang Ron & Hermione,, apalagi kalo lg selisih pendapat gitu, ketahuan banget kalo Hermione lebih pinter ngomong 😀

    Reply

  21. Posted by lulas on May 2, 2008 at 7:23 am

    to ANNA: Emang siy, Ron suka sama Hermione. Cuma, si Ron itu kurang cocok ama Hermione karena Hermione itu pinter banget, sedangkan Ron….ehm…ehm..you know lah. Hehehe…Jadi kayaknya Hermione rugi banget kalo nikah sama Ron. Mending Ron nikah ama Cho Chang aja kali yeee. Terus Hermione nikah sama Harry Potter. Gimana menurut kamu?
    to DODOT: Masa siy perlu 2 taon untuk ngertiin buku HarPot?Nggak, kok. HarPot nggak seruwet The Matrix. Jadi kamu jgn lupa baca bukunya ya.
    to ALL: intinya, akhir ceritanya terlalu dipaksain banget ama JK. Rowling biar tragis. Abis semua tokoh yg gue suka dimatiin. Dari mulai Sirius, Albus Dumbledore, sampe Snape. Huhuhuhuhu….sedih banget.

    Reply

  22. Posted by Lulas on May 2, 2008 at 7:32 am

    Hai, hari ini ultah gue lho. Kasih selamat doooong….Comment gue tentang HarPot 7, gue kurang suka bukunya (bukan ceritanya lho) karena harganya mahal banget…sampe 200an ribu. Jadi sbenernya gue cuma baca awalnya, tengahnya, terus akhirnya, tapi ga runtut dari awal ampe abis. Soalnya gue baca di Gramedia Matraman. Hehehe, gak mau rugi banget ya???
    To ANNA:Emang siy, Ron suka ama Hermione. Tapi Hermione itu pinter banget, sedangkan Ron???….jadi rugi banget kalo Hermione nikah ama Ron. Mending Ron nikah ama Cho, Hermione nikah ama Harry. Gimana menurut kamu?

    Reply

  23. Posted by lulas on May 3, 2008 at 3:50 am

    to ANNA:Ehm, iya siy emang Ron dari dulu suka ama Hermione. Tapi Hermione itu pinter banget. Sedangkan Ron….you know lah. Makanya Hermione pasti rugi banget kalo nikah ama Ron. Mending Hermione nikah ama Harry atau Percy Weasley mungkin? Ron mending nikah sama Cho Chang aja. Ginny, mungkin nikah sama orang lain yang belum diperkenalkan ke pembaca. Maksud aku, tokoh baru gitu.
    To DODOT: Masa siy buku HarPot perlu 2 taon buat ngertiin? Nggak, kok. Soalnya Harpot nggak seruwet the MATRIX atau Lord of The Ring. Jadi, jangan lupa baca bukunya ya, Dot. Lebih seru kok.

    Reply

  24. Posted by anna on May 5, 2008 at 5:13 am

    @Lulas: Wah… met ultah… sorry telat. Makan makan……..

    Reply

  25. Posted by lulas on August 6, 2008 at 3:59 pm

    kok sepi nih? pada kemana?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: