Negara Kelima

negara-kelima0001.jpgNegara Kelima
Dikarang oleh Es Ito
Penyunting Imam Muhtaram
Berisi 517 halaman
Penerbit PT. Serambi Ilmu Semesta

Sebuah buku yang penuh dengan sejarah. Mulai dari sejarah tenggelamnya Atlantis dihubungkan dengan pembentukan daerah Minangkabau, berdirinya kerajaan Sriwijaya, berdirinya kerajaan Majapahit beserta dengan konflik-konfliknya masing-masing.

Jujur neh… bagi aku yang pengetahuan tentang sejarahnya sangat minim jadi kurang paham dengan ceritanya dan terasa agak berbelit-belit…. ceritanya terkesan berputar-putar (dulu waktu masih sekolah paling ga bisa pelajaran sejarah sie,, susah pahamnya.. 🙂 )
Tapi diakui, yang mengarang nih buku pasti sangat menguasai sejarah terutama sejarah Indonesia/Nusantara dan sebagian dari dunia karena dia menjabarkannya sedetail mungkin, dan juga pintar dalam memutar kata-kata..

Sebenarnya, buku ini menceritakan tentang pengungkapan pembunuhan Lidya -anak seorang Inspektur dibagian Detsus Antiteror-yang berlanjut dengan pembunuhan 2 orang gadis –Maureen dan Ovi-yang merupakan teman se gank nya Lidya. Polisi yang berusaha mengungkap pembunuhan ini –Inspektur Rudi-juga terbunuh yang mana si pembunuh meninggalkan jejak dengan menggoreskan gambar piramid pada tubuh korban. Yang diasumsikan bahwa pembunuh itu adalah anggota Kelompok Patriotik Radikal yang disingkat KePaRad yang kebetulan lagi gencar-gencarnya melakukan semacam terror dan ingin mengubah Indonesia menjadi Negara Kelima. Kemudian muncullah seseorang yang dikambing hitamkan yaitu Inspektur Timur Mangkuto yang terpaksa melarikan diri dan bertekad membongkar konspirasi dalam lembaga kepolisian tempatnya bekerja selain juga mengungkap pembunuhan itu.

Aku masih ga bisa membayangkan seperti apa bentuk piramid yang digambarkan pada tubuh korban itu dengan penjabaran seperti ini :
Piramid dengan belahan diagonal pada bagian alasnya
Dua garis menyilang seperti empat arah mata angin
Tiga titik tulisan dari empat titik pada garis menyilang; amithaba, pada bagian kiri dari petunjuk atas. Ratnasambhawa, pada bagian bawah dari bagian atas mata angina Akso, pada bagian tengah dua garis menyilang

Ada yang ngerti ga??? Aku bingung 😦

Dari penggerebekkan polisi pada tempat yang diduga markas KePaRad akhirnya tertangkap 2 orang yang setelah diinterogasi lama akhirnya mau bicara dan mengungkapkan 5 teka teki yang harus dipecahkan oleh siapa saja yang mau menjadi anggota KePaRad.
Jadi, hampir seluruh isi dari buku ini menceritakan cara mengungkap 5 teka teki ini.

Ending nya ternyata tidak serumit yang diduga dan cenderung biasa. Yahh tidak terlalu wahhhh lah… **menurutku sieh 😀 **
Buku ini cocok bagi orang yang suka permainan kata-kata sedangkan aku…. Masih termasuk orang yang agak lambat dalam menghubungkan satu dengan lainnya 🙂
Aku malah berpikir, apakah buku ini dibuat selain karena kesukaan si pengarang dengan sejarah juga sedikit menyinggung tentang para aparat yang cenderung agak lambat dalam bersikap/bertindak dalam menghadapi sebuah kasus atau juga karena banyaknya daerah-daerah terpencil di Indonesia yang kurang diperhatikan pemerintah padahal merupakan saksi sebuah sejarah????? Hanya pengarang yang tau.. 🙂

Advertisements

15 responses to this post.

  1. Vertamax!

    Reply

  2. Waduh, aku juga nggak ngerti tentang Piramid.
    Nggak pernah ke sana sih.
    Cuman mimpi-mimpi aja.

    Reply

  3. Swaktu baca paragraf pertama jadi tertarik karena ada sejarah kjadian2 gtu, ada atlantis, kerajaan, dll..

    Tapi kok pas baca paragraf2 berikutna jadi rada aneh gtu ya… Terkesan unik aja, tiba menceritakan pembunuhan sambil mengungkap sejarah di atas yg sepertinya jaka sembung…

    Hmm…

    Oh, klo piramida ntu saya jga gak ngerti sama kata-kata itu. Gak tau ntu maksudna buwat apa…

    Reply

  4. Buku ini cocok bagi orang yang suka permainan kata-kata

    berarti buku ini gak cocok sama ridu.. hiks…

    Reply

  5. ini buku jeleeeeeek -membuang buku-

    Reply

  6. @edi psw: mimpi tentang piramid??? kerennn…

    @praditya: he eh emang ga nyambung… 2 kisah yang berbeda dan seperti sengaja dikait2kan. Sedangkan tuh pyramid pada tubuh korban, dikaitkan dengan simbol dari anggota KePaRad ituh

    @ridu: sama anna juga ga cocok…

    @mina: -cari sarung lompat-lompat- lempar sini bukunya kaa… mayan, nambah koleksi 😀

    Reply

  7. Posted by Palui on February 11, 2008 at 2:24 am

    ada yang mau jual buku negara kelima ga? abis aku penasaran ma ulasan yang disampaikan

    Reply

  8. Posted by Palui on February 11, 2008 at 2:31 am

    klo ada hub aku di dhany.boys@yahoo.co.id

    Reply

  9. Posted by anna on February 11, 2008 at 3:19 am

    @palui : liat aja di http://www.inibuku.com/display.php?d=cb-kbk&bkp=S01EITO01 ada kok dijual disana

    Reply

  10. Posted by Eru on May 29, 2008 at 3:40 am

    annova? eh.. kaya nama temenku… kirain blognya dia..
    itu nama diambil dari istilah statistik soalnya 😀

    BTW,
    salam kenal Anna

    Reply

  11. Posted by anna on May 29, 2008 at 4:00 am

    @Eru: yoi… istilah statistik.. asyik aja kedengarannya kan 🙂
    Salam kenal jg

    Reply

  12. Posted by black_knight on June 5, 2008 at 3:02 am

    klo mnurut gw ini buku yg bagus, menantang kecerdasan berpikir seseorang.
    yaah memang buku ini jlas beda dengan novel2 ringan macam teenlit, yg membacanya tanpa perlu mikir.

    Reply

  13. Posted by black_knight on June 5, 2008 at 3:06 am

    klo ttg piramida gw lgsung tau ko bentuknya, byangin aj bentuk piramid/prisma segi 4 trus alasnya/bawahnya lu ksih 2 gris diagonal.(grs diagonal=grs miring yg membagi persegi sama besar)

    Reply

  14. […] tapi sebelumnya baca dulu yang jilid 1 nya ya Ada sedikit banyak kesamaan nama tempat dengan buku Negara Kelima. Namun untuk memahami ceritanya lebih mudah Senopati Pamungkas daripada Negara […]

    Reply

  15. Posted by safitri on October 10, 2008 at 12:50 pm

    hmmmm…klo menurut ak ya,ni buku keren bgt…mengulas tentang sejarah..dan sebenernya isi buku ini mengungkapkan mengenai keinginan sekelompok orang yang muak dengan keadaan indonesia saat ini…
    klo soal piramida,berhubung imajinasiku agak tinggi jadi,yaaa…bisa ngebayangin

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: