Skandal Hadiah Nobel

the-prize.jpgSkandal Hadiah Nobel
Oleh Irving Wallace
Dialih bahasakan dari judul asli The Prize oleh John Marto, Rina Buntaran Sutanty Lesmana
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Berisi 1126 halaman

Wah.. buku yang tebal sekali kan????? Buku ini mempunyai fungsi ganda.. Kalau mataku dah lelah baca,, buku ini bisa jadi bantalku … untung aku ga ileran hihihi… Menurut mba yang punya nih buku,, untuk kali ini terjadi penurunan kualitas dalam kemampuanku membaca… Selesainya lama banget… tapi sesuai lah dengan tebel buku nya juga kan..
Sebenarnya novel ini diterbitkan tahun 1997, aku telat baru baca sekarang… **maklum lah baru ada yang minjemin sekarang 😀 **

Novel ini adalah merupakan karya fiksi (rinciiiiiii banget isinya sesuai deh dengan tebelnya..) namun semua latar belakang yang digambarkan seperti pemandangannya, sejarah hadiah penganugerahan Nobel, prosedur dan metode nominasi serta pengambilan suara, permainan politik dalam pemilihan pemenang nobelnya adalah benar. Pembuatan novel ini oleh Irving Wallace dilakukan dalam kurun waktu 15 tahun dari tahun 1946 – 1960. Bayangkan deh….. bener-bener suatu novel yang dibuat dengan penuh penelitian jiwa dan raga… **Apa ga bosen yah dia dalam 15 tahun berkutat mengumpulkan bahan yang itu-itu ajah…. Ga ngerti deh pemikiran para pengarang ini… ****

Secara umum novel ini bercerita tentang enam orang yang mendapat telegram pemberitahuan sebagai pemenang Hadiah Nobel di awal tahun 1960-an. Mereka adalah pria dan wanita yang hanya memiliki satu persamaan, seperti tertulis dalam pengumuman kemenangan mereka :”Telah melakukan penelitian yang bermanfaat bagi umat manusia”. Mereka adalah Dr. Claude Marceau dan Dr Denise Marceau, pemenang bersama hadiah nobel bidang kimia; Max Stratman, pemenang hadiah nobel bidang fisika; Dr. John Garret dan Dr. Carlo Farelli, pemenang bersama hadiah nobel bidang fisiologi dan kedokteran; Andrew Craig, pemenang hadiah nobel bidang kesusatraan.

Dibalik kemenangan mereka, ternyata mereka terlibat dalam skandal dan permainan politik orang-orang yang berkepentingan terhadap mereka dan dunia luar.  Seperti:

  • Max Stratmann yang menjadi rebutan oleh pihak Jerman Timur, tempat dimana dia dulu menjadi ilmuan saat zaman Hitler, dimana Jerman menarik semua ilmuannya supaya tidak dipergunakan oleh negara lain seperti Amerika. Padahal dia sendiri sudah sangat membenci Jerman Timur dan dia juga lagi berkutat dengan penyakitnya yang dah hampir membawa umur.
  • Dr. Claude Marceau yang sebelum mendapat Hadiah Nobel berselingkuh dengan seorang model Perancis, yang saat mendapat berita kemenangannya itu ketahuan oleh istrinya-Dr. Denise Marceau-sedang berselingkuh di rumah model tersebut. Mereka juga merupakan orang yang dimanfaatkan oleh seorang Ragnar Hammarlund, orang kaya yang terobsesi untuk membuat makanan sintetis dan ingin memanfaatkan kedua dokter itu untuk melaksanakan niatnya.
  • Andrew Craig, yang menjadi pemabuk dan menyalahkan dirinya sendiri sebagai penyebab meninggalnya istrinya dalam satu kecelakaan.. yang sebenarnya kecelakaan itu nutlak disebabkan oleh kesalahan teknis mobil. Ditambah ipar nya-Leah  Decker-yang juga selalu menyalahkannya padahal ingin merebut hatinya. Dia diisukan mendapat hadiah Nobel karena novelnya yang rada-rada pro Rusia…. Juga dia mo dikontrak oleh seorang artis Swedia agar novel terbarunya nantinya bisa dijadikan film yang dibintanginya, sedang alur ceritanya ditentukan oleh nya. Pembayarannya uang yang begitu banyak dan diri artis itu sendiri.. Tentu aja lah Andrew Craig menolak… dah tua boo artinya hehehe..
  • Dr. John Garret yang merasa hanya dia yang menyelidiki tentang jantung buatan padahal ada Dr. Farelli yang juga menyelidikinya sehingga timbul konflik antar kedua… Mereka berdua sepertinya juga dimanfaatkan untuk bisa membantu dalam operasi salah seorang kerabat kerajaan Swedia yang berumur 70-an tahun yang sedang bermasalah dengan jantungnya.. **padahal klo emang dah tua, mo gimana lagi..**

Ada juga tentang Emily Stratmann-keponakan Max Stratmann-yang menjadi rebutan cowo-cowo dimanapun dia berada. Dengan sikap dinginnya dia dianggap perawan tak tersentuh. Padahal dimasa lalunya, lagi-lagi di zaman Hitler, dia menjadi budak sex orang-orang Jerman Timur yang membuatnya trauma terhadap laki-laki. Hanya Andrew Craig yang akhirnya bisa mengobati hatinya.. **ehem..**

Latar belakang ke enam pemenang Nobel ini akan terungkap di sepertiga novel terakhir.. Jadi harus baca semua biar bisa nyambung…

Intinya,, buku ini asyik untuk dibaca.. apalagi bagi yang suka dengan novel terperinci dengan cerita bagian depan agak sedikit menjemukan namun kebelakang-kebelakangnya tambah seru. Tapi bagi anna, lebih senang baca point-point nya ajah… Klo baca rincinya suka ngayal sie… terus lupa deh cerita nya apah 😀

Advertisements

7 responses to this post.

  1. Hoo.. baru tau klo nobel ntu juga pake sandal, eh maksudnya skandal2an…

    Reply

  2. Seandainya waktu itu SBY terpilih untuk mendapatkan nobel! pasti kita bangga!!

    Reply

  3. “Dengan sikap dinginnya dia dianggap perawan tak tersentuh. Padahal dimasa lalunya, lagi-lagi di zaman Hitler, dia menjadi budak sex orang-orang Jerman Timur yang membuatnya trauma terhadap laki-laki”

    mantan perawan berarti tuh… yang ogah disentuh lagi 😀

    Reply

  4. wah, tebel banget tuh buku. selesai dalam waktu berapa hari ya? hihi

    Reply

  5. Posted by anna on December 27, 2007 at 1:01 am

    @praditya : he eh… anna juga baru tau setelah baca tuh buku

    @ridu : yoii…

    @funkshit: hehehehe.. ya iya lah mantan perawan… cm “takut”disentuh lagi

    @away : hampir 2 mingguan lebih baru kelar.. huihhhh….

    Reply

  6. pengen baca nih..kayaknya seru yah?

    Reply

  7. Posted by anna on December 29, 2007 at 4:00 am

    @stey: iya seru… tapi harus sabar bacanya… tebel banget booo…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: