TTM ato Selingkuh…

ttm.jpegKita ngomongin yang santai dan agak mutu dulu deh ya… sebelum balik ke buku-buku yang rumit **menurut sebagian orang 🙂 ** OK.. mulai..

TTM?? Selingkuh?? Apa sih bedanya?

Hal ini terpikirkan saat kemarin seorang temen ku (cowok) yang lagi asyik liat cewek-mahasiswa- yang jelas cantik-cantik.. ngasih statement. Begini nih :
Aku : “sono gih cari pacar?? Cantik-cantik tuh..”
Trs dia bilang : “ga ah… pacaran ga asyik, mending TTM an ajah” .
Langsung deh aku berpikir, apa sih enak nya TTM an?? Emang bedanya dengan selingkuh apah?

Setelah cari responden langsung yang bisa ditanya-tanya, akhirnya dapat satu opini. TTM atau Teman tapi Mesra itu sama dengan HTS atau Hubungan tanpa Status yaitu suatu hubungan pertemanan yang deket namun tanpa ada status yang jelas. Terserah masing-masing mau jalan ke arah mana.. yang pasti disaat mau deket atau mau mesra-mesra an ya ayooo… ga ada perasaan yang “bermain”… Sedangkan selingkuh lebih dalam artian negatif, dimana salah satu atau dua-duanya dari pasangan selingkuh itu punya pacar atau suami/istri kemudian menjalin hubungan dengan orang lain dengan maksud yang beragam.

OK sekarang kita bahas satu-satu berdasarkan sumber bacaan yang dah kubaca..
Pertama tentang TTM…
Menurut kompas, istilah teman tapi mesra terdengar manis dan memang hip banget. Istilah ini dipakai untuk menyebut orang-orang yang enggak bisa kita jadikan pacar. Ada banyak macam alasan kenapa akhirnya seseorang bersedia jadi TTM . Tapi, alasan utama adalah karena terbentur keadaan, karena cewek atau cowok yang dipengen ternyata sudah memiliki pacar dan enggak bisa meninggalkan pacarnya juga. Akhirnya, mau enggak mau, jadi TTM pun menjadi pilihan. Setelah berhasil mendapatkan gelar TTM, ternyata mulai banyak keluh kesah yang muncul/harus dihadapi, yaitu 1) perasaan parno kalau-kalau hubungan perselingkuhan ini ketahuan sama si pacar asli. 2) **yang suka bikin para TTM sebal** aturan main enggak tertulis yang melarang seorang TTM untuk cemburu! Memang bikin bete, bagi cewe terutama, tapi hal ini harus dituruti karena enggak ada status yang pasti di antara TTM dan pasangannya. 3) perasaan serba salah yang lumayan besar karena sudah mengganggu hubungan orang lain. Saat kita pengen lebih, kita malah mentok dan enggak bisa mendapatkan yang kita mau. Jadi TTM punya risiko bakal mengalami ending yang lumayan bisa ditebak dan menyakitkan.

Berdasarkan polling 25 orang menurut situs Pollwizard.com, tentang Pernah punya Teman tapi Mesra???
Penah              22 orang
Tidak Pernah 3 orang

Gimana kalau kekasih kita punya TTM, polling dr hanyawanita.com terhadap 8 orang responden, apa tindakan kita???
Putus deh                                     37% [ 3 ]
Labrak dong si TTM                   25% [ 2 ]
Balas dengan tindakan serupa   37% [ 3 ]
Duh, saya kurang apa sih? Teganya! (merana sendiri) 0% [ 0 ]

Berdasarkan OSDir.com tentang 10 aturan main dalam TTM :
1. JUST FOR FUN
Buang jauh-jauh khayalan romantis dengan si dia . Soalnya rugi banget kalo belum apa-apa udah berharap yg muluk-muluk, ujung-ujungnya bisa jadi makan hati

2. SIAP-SIAP DIGOSIPIN
Namanya juga hubungan yang ga resmi, tentu aja bakal banyak yang ngomongin, so siap-siap deh..

3.CEMBURU? NO WAY !
Lagi-lagi.. karena emang ga ada status jelas… cuman temen… Jangan beri kesempatan rasa cemburu menguasai hati dan pikiran. Dia mo deket ama gebetannya kek ato mo jadian sekalipun, ga perlu sakit hati. Toh kita juga bisa pergi dengan siapa dan kapan saja kita mau. Emang sich, yg namanya TTM pasti ada rasa sayang dan peluang buat cemburu gede banget, apalagi klo dah lama TTm an nya…

4.TETEP LIRIK-LIRIK YANG LAEN, DONG!!!!
Biar punya TTM jangan sampai melupakan tujuan untuk “HUNTING”. Karena, secara nyatanya kita masih JOMBLO kan….Artinya , usaha cari pasangan sebenarnya tetap harus mesti jalan terus. Buka pintu hati seluas-luasnya buat cinta laen yg bakal mampir.

5. HAPPY BEING SINGLE
Pastikan, saat memutuskan hanya TTM-an, kita sedang tidak ada masalah dengan status men jomblo. Jadikan TTM sebagai kesempatan untuk mengenal lawan jenis saja, bukan untuk menjadi komitmen. Pastikan dia jg tau soal ini, supaya nggak saling melemparkan janji-janji palsu.

6. JANGAN TERLALU BERHARAP, DECH!!
Berharap boleh tapi jangan berlebihan.. Jodoh ditangan Tuhan.. ya kan….

7. HINDARI JANJI PALSU !
Janji berarti memberikan harapan. Makanya hindarilah saling memberi janji, apalagi tau kalo itu nggak mungkin terwujud

8.KADO-KADO NETRAL
Si dia ulang tahun, boleh jg kasih kado tapi pilih yang “netral”. Jangan yang berlebihan dan menimbulkan kesan ”ada something”

9. ATURAN FISIK
Sebaiknya aturan ini ditegaskan dari awal karena cukup sensitif lho. Paling aman hindari semua sentuhan fisik yang sengaja memberi rasa nyaman. Jangan sampai pegangan tanagan terus merember ke ciuman, waduh…nanti dulu dah…..!!!!

10. TAHU KAPAN HARUS BERHENTI
Jika perasaan udah nggak “normal” lagi, bilang terus terang dan tanyajuga perasaannya. Jika ternyata si dia biasa-biasa aja, itu berarti udah saatnya masa TTM-an diakhiri.

Next, Selingkuh….
Sejak awal kita pacaran, niatnya, ya, sama satu orang itu saja. Di perjalanan, tiba-tiba kita ketemu sama orang lain. Seseorang yang lama-kelamaan semakin dekat dengan kita. Tapi kedekatan ini senantiasa kita sembunyikan dari pacar. Lalu akhirnya terjadilah… perselingkuhan.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia Edisi kedua tahun 1991, selingkuh adalah tidak berterus terang; tidak jujur; suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri; curang; serong.
Selingkuh, ngeduain, cinta segi tiga… or whatever-lah. Sebenarnya apa sih, artinya? “Selingkuh itu (ketika) orang melakukan suatu tindakan yang tidak sesuai dengan komitmennya,” (menurut psikolog Zainoel B Biran atau Pa Noel)

Dalam sebuah riset yang dilakukan psikolog Drigotas SM dan koleganya di Journal of Personality and Social Psychology tahun 1999, selingkuh disebut sebagai dating infidelity. Istilah ini mengacu pada adanya perasaan bahwa pasangan telah melanggar norma dalam pacaran, yang berkaitan dengan interaksi terhadap orang lain dan diikuti timbulnya kecemburuan dan persaingan.

Selingkuh itu sendiri juga dibagi dua: selingkuh fisik dan emosional. Selingkuh fisik artinya kita melakukan kontak fisik dengan lawan jenis, seperti pelukan dan ciuman sama orang yang bukan pacar kita. Sedangkan selingkuh emosional lebih berupa perasaan kita terhadap orang lain yang bukan pacar.

Batasan seberapa jauh seseorang bisa disebut berselingkuh itu pun macam-macam dan sangat relatif. Dalam majalah Psychology Today terbitan Desember 2000, menurut teori evolusi psikologi zaman dulu, cowok akan lebih kecewa kalau pasangannya melakukan selingkuh fisik. Soalnya, cowok enggak akan terima harus membesarkan dan membiayai anak hasil perselingkuhan istrinya. Sementara cewek bakal lebih sebal kalau pasangannya melakukan selingkuh emosional. Sebab, cewek pingin pasangannya ada di sampingnya untuk membantunya membesarkan keturunan.

Tapi teori ini diragukan oleh hasil eksperimen yang dilakukan Christine R Harris, profesor psikologi dari Universitas California, San Diego, tahun 2000. Reaksi seseorang terhadap bentuk selingkuh itu bergantung pada pengalaman hidupnya, bukan pada jenis kelaminnya.

Alasan selingkuh ada beberapa hal :
1. Kecenderungan mencari tempat curhat. Dengan alasan ama pacar belom tentu bisa curhat yang bebas
2. Kebosanan. Kita bosan karena sudah berbulan-bulan stuck sama satu orang ini saja. (cowok yang biasanya bilang ini..)
3. Mencari kesenangan dan petualangan baru.
4. Keadaan hubungan itu sendiri. . Kalau tiap hari kita berantem terus sama pacar, ya… lama-lama ilfil juga. Apalagi kalau berantemnya soal kebiasaan pacar yang cemburuan plus posesif… Bete dech…..

Ada penelitian terbaru di Inggris yang bilang faktor genetis memengaruhi kecenderungan kita berselingkuh. Dari penelitian yang melibatkan 1.600 cewek kembar disimpulkan bahwa 30-40 persen perselingkuhan disebabkan faktor genetis alias keturunan-walaupun ada faktor lain yang berpengaruh, seperti kualitas hubungan dan kesempatan berselingkuh. Meskipun riset tersebut dilakukan pada cewek saja, ilmuwan-ilmuwan yang terlibat percaya ini juga berlaku buat para cowok. Ayo… mulai cek silsilah keluarga….

Namun, hati-hati bagi kalian-kalian yang berselingkuh melalui dunia maya, berdasarkan pengalaman Sana Klaric (27) dan suaminya Adnan (32) dari kota Zenica, Bosnia, yang diberitakan detikinet.com, mereka melakukan selingkuh didunia maya dengan nama yang dipalsukan… saat kopdar ternyata si cowo dan si cewe adalah suami istri. Sakit hati pastinya. Mereka pun saling menggugat cerai karena menganggap pasangannya tidak setia. Padahal dipikir2 mereka berdua kan salah…. tapi ya begitulah kenyataannya…

Namun lagu-lagu dari para artis Indonesia sekarang banyak yang bertema selingkuh/TTM seperti selingkuh sekali saja, she; selingkuh, kangen band; Selingkuh (Live Version, ft Hedy Yunus); Aneh juga… mungkin lagi trend kali yah…

Intinya selingkuh dan TTM adalah sama ajah. So friends… hati-hati yah… amannya jangan TTM an atau selingkuhan deh…. BERBAHAYA….

gambar diambil dari sini

Advertisements

28 responses to this post.

  1. daripada selingkuh atau TTM, mendingan cari pacar beneran aja deh. Lebih aman….

    Reply

  2. cara jitu buat uji nyali bagi yang ngaku2 pemberani 😀

    Reply

  3. Posted by anna on November 23, 2007 at 1:46 am

    @ away : yup… bener.. jangan cr penyakit yah..
    @ war : kau berani uji nyali war???? 😀

    Reply

  4. Teman
    Tapi
    Mesum

    Reply

  5. Posted by dh on August 17, 2008 at 10:55 pm

    selingkuh itu indah apalagi untuk mengusir kejenuhan dalam hubungan inti yang sedang kita jalani selamat berselingkuh yaa.

    Reply

  6. Posted by anna on August 21, 2008 at 1:55 pm

    @mansup: wah… mesum nya jangan disebutkan.. ga enak kedengarnya tuh…

    @dh: upss… sapa yang selingkuh??? bukan aku yaaa…

    Reply

  7. Posted by thegands on August 21, 2008 at 5:33 pm

    no ttm no selingkuh. be loyal… 🙂

    Reply

  8. Posted by anna on August 23, 2008 at 12:10 pm

    @thegands: setujuuuu….

    Reply

  9. Posted by astor on October 15, 2008 at 12:16 pm

    kalau aku seeh….lebih enak TTMan,soalnya kita bebes tanpa ada yang mengatur2…kita bebes deket dengan siapapun….gt…

    Reply

  10. @astor: lebih enak temen saja mungkin.. tanpa embel-embel “mesra” 🙂

    Reply

  11. Posted by dea on October 24, 2008 at 7:41 pm

    oh… jadi enak donk bagi kita2 yang ikut program ttm-an itu

    Reply

  12. Posted by nasser on November 15, 2008 at 5:55 pm

    yang enak ya TTm

    Reply

  13. duh seru abis deh punya TTM , waktu itu TTM gw & cowo gw temenan deket , awal yach cowo gw nga tau lama2 ketahuan juga ^_^ ya akhir ya gw putus jadian deh ma TTM gw , tapi sumpah seru abis dari pada selingkuh ketahuan berantem & rugi segala yach jadi cewe mendingan TTM yach manfaat yach buat jalan2 & jajan dong .

    Reply

  14. @dea: ttm kan bukan program bos…

    @nasser: lebih enak normal2 aja kali yaa…

    @Ririn sukmawati: wah wah… gimana sekarang? masih jadian ama bekas ttm nya itu?

    Reply

  15. Elok tenan,cocok moga exis trus.

    Reply

  16. selingkuh itu indah tapi yang tidak merugikan

    Reply

  17. Posted by i@deo on January 8, 2011 at 10:57 pm

    alah,,,ttm buat sakkit ati,,gimana rasanya liat cewe yang kita peluk(TTM)tapi malah am co laen,,ya emang dia cowonya dia,,gue gak berhak ngapa-ngapaen…tapi ,,,kalo udah sayang gimana??

    Reply

  18. Posted by Arry on April 22, 2011 at 9:10 pm

    Jangan sekali-kali selingkuh kalau tidak mau di khianati.

    Reply

  19. Posted by Iswandi on July 1, 2011 at 10:43 am

    Buat para yang hobby TTM n Selingkuh, kamu-kamu semua harus tau bahwa TTM dan selingkuh sama tapi berbeda.

    Kedua2nya sama2 mempunyai resiko sakit hati, bahkan sampai hubungan kita jadi putus.

    Saran saya :

    Untuk TTM sebaiknya bagi orang-orang yang ingin kebebasan hubungan tanpa ikatan apapun.

    Dan untuk selingkuh, lebih baik anda pikirkan lagi baik buruknya terhadap hubungan anda dengan orang sebelumnya. Apakah anda tega menyakiti perasaan orang yang anda cintai?
    Dan apa bila anda sudah tidak nyaman lagi dengan hubungan sebenarnya, lebih baik anda katakan terus terang, supaya tidak ada masalh dibelakang hari.

    Saran saya :
    Katakanlah sejujurnya apa yang anda mau, walupun itu sangat berat dan menyakitkan, dari pada anda dikira menghianatinya.

    Reply

  20. Posted by Istin renda on November 17, 2011 at 2:53 pm

    Aq px teman yg aq sndr gk tw status hubx alx sudah 4thn aq dgn dy tp sulit dan susah aq lupain dy,kira2 ada jalan keluar ya?aq trlalu mencintai dy tp aq gk tw hati dy ke aq.

    Reply

    • Menurut saya:
      kalo masalahnya krn ga tau perasaan dia ke kamu, tanyakan aja langsung ke dia. ga usah gengsi.. ini masalah hati, kalo ga ditanyakan ga akan tau apa yg dirasakan..
      So,, cari kejelasan secepatnya… 🙂

      Reply

  21. Posted by sellyn ajjah on June 3, 2012 at 4:01 pm

    TTM, jaman sekarang dah gak asing lagi. mereka sepertinya biasa ajjah. TTM juga kadang digunakan
    sebagai kedok atau alasan pembenaran untuk hub terlarangnya.

    Reply

  22. Posted by UmiKyu on April 2, 2013 at 3:32 pm

    TTM cmn buat qw skit hati doank,qw pux TTM tpi dia udch puxa pachar,nah dirumus TTM kan g’ boleh ada kata2 cemburu nich 5a TTM-anxa,tpii mw gmana lgi klo Qta udch cinta,akhirxa qw putusin buat berenti daripada qw yg makan hati Ndiri,daripada TTM qw cari lagi za dech,meski berat ngelepas dia….
    -,-”
    jdi qw saranin buat yg ckrng ge TTM-an pikir2 dulu coz akhir2xa cmn bkal buat hati qta ancur…so lbih baik cari status resmi za ok guys..*(^_^)*

    Reply

  23. Posted by eman on April 5, 2013 at 11:32 am

    Bila kita sakit karena pasangan kita selingkuh
    Demikianlah sakitnya pasangan kitakala kita selingkuh…heheheh

    Reply

  24. Pusing deh ah, mikirin masalah yang ditimbulkannya. Mendingan “SETIA” saja deh!

    Reply

  25. Posted by Novi on November 6, 2013 at 10:20 pm

    Gaenakkkk..baru ngerasa nyesek pny ttm-_-baru punya rasa syg ke ttm ehh udah ada PHO >_< udahan ajaa kali yakk-_-

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: